Berikut ini adalah tips bagi anda pilot pemula atau anda yang sedang ingin memulai hobby rc aeromodelling silahkan baca tipsnya dan semoga dapat membantu anda.

Jenis Pesawat
Mulailah dengan pesawat foam yang murah dengan bentangan sayap sekitar 60cm-100cm dengan motor model pusher diatas badan pesawat dan sayap yang terposisi dibagian atas (contohnya glider). Pesawat dengan sayap posisi diatas badan pesawat akan lebih mudah dikendalikan daripada pesawat sayap dibawah ataupun ditengah (dikarenakan itu pesawat akrobatik tidak memilih sayap diatas). Pesawat yang terlalu kecil juga tidak bagus untuk dijadikan pesawat belajar karena mudah bergeser oleh angin tetapi pesawat yang terlalu besar juga tidak bagus karena momentum yang dihasilkan bila pesawat ini jatuh bisa mengakibatkan kerusakan yang cukup besar dan pesawat dengan motor didepan juga akan rentan merusak motor atau shaft, ingat anda belajar... bisa dipastikan pesawat anda akan jatuh.

Channel
Mulailah dengan 3 channel, penggunaan aileron terkadang dapat membingungkan untuk pemula dikarenakan roll-nya serta kombinasinya dengan elevator. anda bisa mulai dengan pesawat seperti windragon yang menyediakan fungsi 3 dan 4 channel. (pesawat 3 channel berputar arah dengan mengandalkan rudder). Tapi bila anda cukup lumayan menggunakan 4 channel dalam simulator anda bisa melewati langkah ini.

Transmitter
Hindarkan menggunakan transmitter digital yg terlalu rumit seperti Turnigy 9X atapun Flysky 9x, ini bukan untuk pemula. Transmitter untuk pemula adalah transmitter yang langsung dapat digunakan tanpa banyak settingan. Ingat anda belajar menerbangkan pesawat dibantu transmitter bukan sebaliknya, seiring waktu anda nantinya akan semakin mengerti kebutuhan akan transmitter yang sesuai dengan karakter terbang anda.
Ada 4 mode transmitter tetapi hanya 2 yang populer yakni Mode 1 dan Mode 2, mode 2 biasanya pengguna dengan tangan normal (dominan kanan) dan throttle terletak disebelah kiri, sedang mode 1 biasanya pengguna tangan kidal (dominan kiri) dan throttle terletak disebelah kanan. Untuk lebih memahaminya lihat gambar ilustrasi.

Ada dua cara menggunakan stik transmitter:
Pertama dengan dua jari (ibu jari dan jari telunjuk) posisi stik dijepit kedua jari ini.
Kedua dengan ibu jari saja yakni posisi stik berada dibawah telapak ibu jari.
Saya sendiri pribadi lebih nyaman dengan yang pertama karena lebih cepat mengarahkan stik transmitter dan jari juga tidak bergeser dari stik, sedangkan ibu jari selain gampang bergeser juga agak sulit untuk mengarah mundur, tapi ini adalah pilihan kebiasaan anda jadi silahkan mencoba keduanya.



Ketinggian (Sangat Penting)
Pilot pemula biasanya takut untuk terbang tinggi, dan biasanya mereka akan terbang dengan rendah, ini sebuah kesalahan yang sangat sangat sangat fatal, ya saya mengatakannya demikian karena idealnya untuk belajar itu harus terbang tinggi, idealnya cobalah terbang lebih tinggi minimal dengan ketinggian sekitar 100mtr, nantinya ini akan mempermudah anda belajar orientasi arah pesawat, dan bila anda kehilangan kendali akan arah pesawat atau melakukan kesalahan maka anda masih punya waktu untuk mengkoreksinya, bandingkan bila anda terbang rendah.
Sebisa mungkin mengarahkan pesawat mengeliling anda atau berputar jauh didepan anda, hindari terbang melintasi anda, kebanyakan pilot pemula akan melakukan manuver yang salah arah bila saling berhadapan dengan pesawat.

Kecepatan
Pesawat yang cepat memang sangat menyenangkan tapi ini juga diperlukan refleks yang cepat, perlu belajar sebelum anda menguasai refleks ini, cobalah terbang dengan kecepatan rendah, tidak terlalu rendah karena pesawat akan rentan stall (kehilangan ketinggian), nantinya semakin lama anda akan semakin mahir dalam refleks gerakan pesawat. ups... jadi pengen coba gerakan cobra nya shukoi. :)

 

Elektronik

Sebelum anda menerbangkan pesawat rc kenali dan pelajarilah fungsi-fungsi yang ada di pesawat termasuk elektroniknya, pilot pemula biasanya tidak sabar untuk terbang, tapi sebelumnya cobalah untuk melakukan pengecekan terakhir sebelum terbang seperti fungsi aileron, rudder, elevator, motor dan juga kapasitas batterai pesawat dan transmitter.

 

 

Waktu
Waktu terbang tergantung kebiasaan anda, tapi waktu yang menyenangkan adalah pagi dan sore hari, dimana matahari tidak terlalu menyilaukan mata tapi tetap jangan lupa mengenakan kacamata hitam dan topi, dan tetaplah fokus pada pesawat anda selama penerbangan.

Lapangan
Dan yang tidak kalah penting dari semua ini adalah lokasi anda terbang, hindarkan terbang dekat dengan bangunan tinggi, tower/kabel listrik, ini sangat berbahaya. usahakan mendapatkan daerah yang mempunyai pandangan rendah yang cukup jauh (penulis edan... itu sih gurun pasir). Hindarkan menerbangkan pesawat yang menghadap langsung ke cahaya matahari, perhatikan kecepatan angin dan kondisi cuaca di sekitar lapangan, dan bila angin sedang kencang jangan ngotot untuk tetap terbang. Dan juga ada baiknya anda didampingi oleh orang yang sudah berpengalaman dalam menerbangkan pesawat rc, hehehe... minimal ada orang yang menyoraki dan menyemangati anda sambil tertawa. :)

 

 

 

Istilah
Aileron = bilah pada sayap yang berfungsi untuk memutar horizon pesawat (rolling).
Elevator = bilah horizontal pada ekor yang berfungsi untuk mengendalikan ketinggian dan stabilitas pesawat.
Rudder = bilah vertikal pada ekor yang berfungsi untuk menggeser arah pesawat kiri-kanan tanpa merubah horizon pesawat.
Throttle = pengendali kekuatan motor
Mode 1 = throttle atau gas berada di stik kanan, biasanya penggunanya adalah yang tangan kirinya banyak dipakai.
Mode 2 = throttle atau gas berada di stik kiri, biasanya untuk pengguna dominan tangan kanan yang pada umumnya kebanyakan orang.


Semoga artikel ini dapat berguna dan membantu bagi anda yang membutuhkannya.


Troli  

Belum ada produk yang dibeli.

Berat :
Ongkos Kirim Rp 0
Total Rp 0

Troli Selesai

Produk Baru

Semua produk baru

Bantuan

User Online

Pengunjung Online: 1
Akses Hari ini: 83
Total Akses: 130180
IP Anda: 107.22.61.174